Jumat, 16 November 2007

Pembahasan Mengenai Kegunaan Sistem Informasi

  • Pengantar
    Untuk mengambil kepututsan, suatu organisasi memerlukan sebuah aliran informasi. Informasi sekarang ini banyak digunakan oleh orang untuk berbagai pengambilan keputusan. Informasi-informasi ini banyak diterapkan di komputer. Sedangkan informasi sendiri adalah kumpulan dari data-data yang masih mentah atau belum diolah. Data adalah bagian dari informasi. Sistem Informasi membantu sebuah organisasi dalam mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna dan lengkap.
  • TPS (Transaction Processing System)
    Adalah proses yang dikomputerisasi pertama kali dan tanpa menggunakan sistem informasi akan berakibat pengolahan data menjadi sangat lama.TPS melakukan masukan dan keluaran banyak data secara rutin. Contohnya adalah pendaftaran mahasiswa baru, transaksi peminjaman VCD, dll.
  • MIS (Management Information System)
    Memiliki peran dalam menyediakan informasi yang tepat kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat pula. Bentuk dari informasi ini adalah laporan untuk pengambilan keputusan. Contohnya adalah seperti laporan rutin gaji karyawan atau laporan kredit barang.
  • DSS (Decision Support System)
    Adalah kumpulan berbagai macam alat yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Alat-alat ini seperti orang, prosedur, software, database dan lainnya. Jadi dalam pengambilan keputusan maka memerlukan orang lain atau sebuah penelitian dahulu.


By: Anggi Hartono
Sistem Informasi, UKDW

Tidak ada komentar: